PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA PISA LIKE PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • DIYAH FATMAWATI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil PISA bagi Indonesia yang tidak memuaskan.  dimana hasil studi PISA 2006 Indonesia berada di peringkat 50 dari 57 negara, hasil studi PISA 2009 Indonesia berada di peringkat 61 dari 65 negara, hasil studi PISA 2012, Indonesia berada di peringkat 64 dari 65 negara. Oleh karena itu, perlu dikembangan pengembangan soal matematika PISA like pada konten change and relationship untuk siswa sekolah menengah pertama.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadaptasi  model pengembangan Tessmer. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan soal matematika PISA like pada konten change and relationship untuk siswa sekolah menengah pertama.

Hasil penelitian menunjukkan prototipe 1 soal matematika PISA like ini valid dengan rata-rata total kevalidan 2,88. Selanjutnya prototipe 1 direvisi berdasarkan komentar dan saran revisi validator sehingga tersusun prototipe 2. Prototipe 2 diujicobakan pada 5 siswa berusia 15 tahun kelas IX SMPN 1 Tulungagung. Selanjutnya prototipe 2 direvisi berdasarkan hasil tes dan wawancara subjek penelitian sehingga tersusun prototipe final. 

Kata Kunci: Pengembangan Soal, PISA, Change and Relationship

 

Published
2016-08-11
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 158