PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS 6 PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII

  • ERWIN WIDYANTO

Abstract

Upaya pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang pendidikan semakin berkembang. Salah satu diantaranya adalah pemanfaatan teknologi yang berbasis media elektronik. Salah satu materi pada kelas VIII SMP yang dapat disajikan dalam media pembelajaran adalah Teorema Pythagoras. Dalam penelitian ini materi Teorema Pythagoras yang diajarkan berfokus pada sub materi pokok menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan sisi-sisi segitiga siku-siku dan memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras. Dengan mengembangkan media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi.

Penelitian ini dilakukan pada 6 siswa kelas VIII SMPN 1 Kedungadem Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS 6 pada materi pokok Teorema Pythagoras dan 2) menghasilkan media pembelajaran Adobe Flash Professional CS 6 dengan kriteria valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang teridi dari 4 tahap antara lain: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).

Pada tahap pengembangan, validator menyatakan bahwa media ini memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 3,47 dan ahli media sebesar 3,29. Penilaian umum validator menyatakan media bisa digunakan dengan sedikit revisi dan hasil observasi menunjukkan siswa mengalami sedikit kendala dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif sehingga media ini memenuhi kriteria praktis. Hasil tes belajar siswa menunjukkan 83,3% siswa mendapat skor ≥75 dan siswa merespons positif media dengan nilai rata-rata sebesar 77,5% sehingga media ini memenuhi kriteria efektif.

Kata kunci: pengembangan multimedia interaktif, Teorema Pythagoras.

Published
2016-08-11
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 124