PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 KRIAN

  • LENY FITRYASARI

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Pendidikan juga merupakan suatu bekal bagi siswa untuk menghadapi masa depan. Proses pembelajaran yang berlangsung harus diperhatikan agar siswa dapat memahami pelajaran dengan baik terutama pelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya siswa menganggap sulit mata pelajaran matematika dikarenakan saat mengikuti pelajaran siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dengan sungguh-sungguh. Oleh sebab itu, perlu diterapkannya model pembelajaran yang cocok dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran problem posing adalah salah satu model pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan sendiri sesuai informasi yang diperoleh.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, hasil belajar siswa, respons siswa, serta kualitas soal yang dibuat/diajukan siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing pada materi volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Krian. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru matematika dan siswa kelas VIII-J SMP Negeri 1 Krian tahun ajaran 2015/2016. Adapun rancangan penelitian yang digunakan yaitu the one shot case study.

Hasil analisis data menunjukkan: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata 3,74; (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 3,75 ≥ 2,67, sehingga hasil belajar dikatakan tuntas dan termasuk dalam kategori baik; (3) respons siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing yaitu positif; (4) kualitas soal yang dibuat/diajukan siswa menunjukkan 31 siswa (93,94%) membuat soal dengan kualitas baik dan 2 siswa (6,06%) membuat soal dengan kualitas cukup baik.

Kata Kunci: Model pembelajaran problem posing

Published
2016-08-11
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 40