Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Pemecahan Masalah IDEAL pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok di Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n2.p%25pAbstract
Sumber daya manusia merupakan faktor yang mempengaruhi proses pembangunan suatu negara. Sumber daya manusia yang banyak saja tidak cukup untuk melaksanakan suatu proses pembangunan. Sumber daya manusia sebagi subjek pembangunan harus mempunyai kemampuan yang memadai untuk mengolah sumber daya alam yang dimiliki oleh negara tersebut. Untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas maka mutu pendidikan harus ditingkatkan. Faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan adalah guru atau pendidik dan siswa. Dalam suatu pembelajaran yang berkualitas diperlukan peran aktif guru dan siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri. Oleh karena itu untuk meningkatkan keaktivan siswa diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong siwa untuk beperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif. Strategi pemecahan masalah IDEAL (Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, Look back and evaluate the effect) adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kooperatif.. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan one-shot-case study. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah IDEAL pada materi luas permukaan kubus dan balok di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Diwek. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru yang merupakan peneliti sendiri dan siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Diwek tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa dan 8 siswa diantaranya menjadi subjek pengamatan aktivitas siswa. Hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) pengelolaan pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 3,45; (2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran tergolong aktif dengan jumlah persentase rata-rata seluruh aktivitas siswa selain berperilaku tidak relevan dan aktivitas pasif sebesar 90,62%; (3) nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,29 dan persentase ketuntasan sebesar 87,1%; dan (4) respons siswa terhadap pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah IDEAL adalah positif dengan banyaknya item pernyataan dengan kriteria baik dan sangat baik 90% dari seluruh item pernyataan.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif dengan strategi pemecahan masalah IDEAL
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

