PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VIII SMP

  • SONIA ERIKA IZZABELLA

Abstract

Abstrak

Pembelajaran matematika adalah proses interaksi antar siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi perbandingan di kelas VIII SMP. Pembelajaran dengan pendekatan PMRI adalah pembelajaran yang melibatkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari atau sesuatu  yang bisa dibayangkan atau bermakna bagi siswa dalam rangka membangun dan mengembangkan konsep matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran dengan pendekatan PMRI,pengelolaan guru selama pembelajaran, aktivitas peserta didik selama pembelajaran dan respon peserta didik setelah pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi perbandingan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-F SMP Negeri 1 Turi tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data ketuntasan hasil belajar siswa, analisis kemampuan guru mengelola pembelajaran, analisis data aktivitas siswa, dan analisis data respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pengamatan Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PMRI pada materi perbandingan di kelas VIII-F SMP Negeri 1 Turi menunjukkan tercapainya tujuan pembelajaran dan menunjukkan peningkatan hasil belajar yang baik. Pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran selama dua kali pertemuan  pada pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi perbandingan termasuk dalam kategori baik dan sesuai dengan RPP yang ada. Pada aktivitas siswa, presentase aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan PMRI pada materi perbandingan termasuk dalam kategori aktif. Pada respon siswa yang mencakup kriteria pembelajaran, pemahaman materi, suasana pembelajaran, minat dan sumber belajar setelah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan PMRI pada materi perbandingan di kelas VIII-F SMP Negeri 1 Turi dikatakan sangat baik.  

Kata kunci : Pembelajaran, Pendekatan PMRI, Perbandingan.

 

Abstract

Mathematics learning is the process of interaction between students with the teachers and the learning resources in a learning environment to achieve the purpose of mathematics learning. This research used PMRI approach on the comparison subject matter in VIII grade Junior High School. Learning by PMRI approach is a learning that can be imagined or meaningful for students in order to build and develop the concept of mathematics.This research is an experimental research with the purpose is to knowing the improvement of student learning outcomes before and after learning with PMRI approach, teacher management during learning process, students activities during learning and students response after learning with PMRI approach on the comparison subject matter. This research was conduct in VIII-F grade Junior High School of 1 Turi academics year 2016/2017. Data collection methods used are tests, observations, and questionnaires. Based on the result from the research, observations to the student learning outcomes after learning by applying PMRI approach on the comparison subject matter in VIII-F grade Junior High School of 1 Turi showed that the purpose of the lessons has achieved and showed some good enhancement of the learning outcomes. And the teacher’s management skills of managing the learning process by applying PMRI approach on the comparison subject matter in VIII-F grade Junior High School of 1 Turi included in a good category and appropriate with the learning process plan (RPP). Student activity percentage during learning process by applying PMRI approach on the comparison subject matter in VIII-F grade Junior High School of 1 Turi included in active category. And the students response including learning criteria, subject matter understanding, learning atmosphere, interest and learning resources after  applying PMRI approach on the comparison subject matter in VIII-F grade Junior High School of 1 Turi showed the good result.

Keywords : learning, PMRI approach, comparison.

 

Published
2017-09-13
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 242