PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH SEGIEMPAT BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

  • AHMAD SULTHON AFIFUDDIN
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract

Abstrak

Proses berpikir kunci utama pada setiap siswa dalam mencerna setiap materi yang diajarkan oleh pendidik, dengan mengetahui proses berpikir setiap siswa seorang pendidik diharuskan mampu mencari solusi untuk mengatasi permasalahan yang dialami setiap siswa dalam mencerna materi yang diajarkan. Teori van Hiele adalah salah satu dari berbagai solusi untuk menangani permasalahan tersebut untuk memilah tingkatan berpikir siswa khususnya pada materi geometri.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, karena menggunakan data kualitatif untuk mendeskripsikan secara jelas dan terperinci mengenai proses berfikir siswa dalam menyelesaikan masalah segiempat berdasarkan teori van Hiele. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-Reguler B dan VIII-Unggulan C SMP Al Azhar Menganti Gresik.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa level 0 tidak dapat mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan bahasa sendiri, kurang mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri yang ditanya dalam soal, dalam menjawab cenderung tidak berdasarkan konsep yang telah dipelajari, dan tidak mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya, sedangkan siswa level 1 kurang dapat mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan bahasa sendiri, kurang mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri yang ditanya dalam soal, dalam menjawab cenderung menggunakan yang sudah dipelajari walaupun tidak lengkap, dan mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesainnya, dan siswa level 2 mampu mengungkapkan apa yang diketahui dalam soal dengan bahasa sendiri, mampu mengungkapkan dengan kalimat sendiri yang ditanya dalam soal, dalam menjawab cenderung menggunakan yang sudah dipelajari walaupun tidak lengkap, dan mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.

Kata kunci : Proses Berpikir, Segiempat, Teori van Hiele.



Abstract

Thinking process is the main key for students in understanding the materials taught by teacher. By knowing students thinking process, a teacher must be able to find a solution to overcome student’s problems in understanding the materials. Van Hiele theory is one of many solutions to deal with the problems to sort students thinking levels especially on geometry.

This research is qualitative descriptive research, because qualitative data was used to describe clearly and detail about students thinking process in solving rectangular problems based on Van Hiele theory.The research subject was students of VIII-Reguler B and VIII-Unggulan C SMP Al Azhar Menganti Gresik.

The result of data analysis showed that level 0 student couldn’t express what is known and what is asked in the problems with his own language, his answer was not based on the studied theory, and couldn’t explain the steps in solving the problems. Level 1 student was less able to express what is knownand what is asked in his own language, his answer was based on the studied theory although it was uncomplete, and he was be able to explain the steps used in solving the problems. Level 2 student was able to express what is known and what is asked by his own language, his answer was based on the studied theory although it was uncomplete, and he was able to explain the steps used in solving the problems.

Keywords: Thinking process, Quadrilateral, Van Hiele theory.




Published
2018-06-06
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 67