MISKONSEPSI SISWA SMP DALAM MEMAHAMI KONSEP BANGUN DATAR SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VAK

Authors

  • ITSNA MUFIDAH
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v7n2.p232-239

Abstract

Abstrak

Gaya belajar merupakan cara yang cenderung dipilih seseorang untuk menerima informasi dari lingkungan dan memproses suatu informasi. Pemahaman seseorang terhadap suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah disebut miskonsepsi.Terjadinya miskonsepsi dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang berperan adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dalam memahami konsep bangun datar segiempat ditinjau dari gaya belajar VAK. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga siswa yaitu masing-masing satu siswa yang mempunyai gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dengan miskonsepsi terbanyak. Data dikumpulkan dengan memberikan angket gaya belajar VAK, tes miskonsepsi, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual memiliki miskonsepsi lebih sedikit diantara siswa yang memiliki gaya belajar auditori dan kinestetik. Ketiga subjek mengalami miskonsepsi pada sifat-sifat bangun datar segiempat. Siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik mengalami miskonsepsi dalam menggambarkan suatu bangun datar segiempat.

Kata Kunci: Miskonsepsi, Bangun Datar Segiempat, Gaya Belajar VAK.

Abstract

Learning style is the way that tend to be selected a person to receive information from the environment and processing information. Ones understanding of a concept which is not in accordance with the scientific concept called a misconception. The onset of misconceptions can be affected by various factors, both internal and external. One internal factor at play is a learning style. This study aims to describe the misconception of students in understanding the concept of a quadrilateral of VAK learning styles. The subject in this study as many as three students i.e. each one of the students who have a learning style visual, auditory, and kinesthetic with the misconception most. Data collected by giving the now VAK learning styles, test the misconception, and interviews.

The results showed students with a visual learning style has fewer misconceptions among students who have auditory and kinaesthetic learning style. The third subject experienced a misconception on the properties of quadrilateral. Student with auditory and kinaesthetic learning style experienced a misconception in describing a quadrilateral.

Keywords: Misconception, Quadrilateral, VAK Learning Styles.






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 253