IDENTIFIKASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMK DENGAN KEMAMPUAN MATEMTIKA TINGGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER

  • MOHAMMAD MIFTAHUL FAUZI
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract

Abstrak

Kemampuan koneksi matematis perlu dimiliki oleh siswa karena dapat membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika, termasuk masalah matematika kontekstual. Dengan masalah matematika kontekstual, pembelajaran matematika menjadi bermakna. Salah satu faktor yang memengaruhi siswa dalam memecahkan masalah yaitu faktor perbedaan gender (laki-laki dan perempuan).

Penelitian ini menggunakan indikator kemampuan koneksi matematis yang meliputi mengidentifikasi konsep-konsep matematika dan keterkaitan konsep-konsep tersebut dari masalah matematika kontekstual, menggunakan konsep-konsep matematika dan keterkaitannya untuk menyelesaikan masalah matematika maupun masalah matematika kontekstual dan menerjemahkan kembali penyelesaian sesuai dengan konteks masalah.

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual berdasarkan perbedaan gender (laki-laki dan perempuan). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMKN 1 Pungging. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki memenuhi indikator mengidentifikasi konsep-konsep matematika dan keterkaitan konsep-konsep tersebut dari masalah matematika kontekstual, menggunakan konsep-konsep matematika dan keterkaitannya untuk menyelesaikan masalah matematika maupun masalah matematika kontekstual dan menerjemahkan kembali penyelesaian sesuai dengan konteks masalah. Siswa perempuan memenuhi indikator mengidentifikasi konsep-konsep matematika dan keterkaitan konsep-konsep tersebut dari masalah matematika kontekstual, menggunakan konsep-konsep matematika dan keterkaitannya untuk menyelesaikan masalah matematika maupun masalah matematika kontekstual dan menerjemahkan kembali penyelesaian sesuai dengan konteks masalah.

Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Masalah Matematika Kontekstual, Gender

Abstract

Mathematical connection ability should to be mastered by students because can help students to solve mathematical problems, include contextual mathematical problem. Contextual mathematical problem is one way for mathematical learning becomes meaningful. One of the factors that influence the student in solving problems is the gender difference which consist of male and female.

This study uses indicators of mathematical connection abilities that include identifying mathematical concepts and their interrelationships of those concepts from contextual mathematical problems, using mathematical concepts and their interrelationships to solve mathematical problems as well as contextual mathematical problems, and reinterpret the solution of mathematical problems into the context of problems.

The purpose of this study is to describe the students` mathematical connection ability with high mathematics ability in solving contextual math problems based on gender differences (male and female). This research was descriptive research with qualitative approach and has been held at SMKN 1 Pungging. Data were gained using tests and interview methods.

The results showed that male students meet indicators to identify the mathematical concepts and their interrelationships of those concepts from contextual mathematical problems, using mathematical concepts and their interrelationships to solve mathmetaical problems as well as contextual math problems, and reinterpret the solution of mathematical problems into the context of problems. Female students meet indicators to identify the mathematical concepts and their interrelationships of those concepts from contextual matehmatical problems, using mathematical concepts and their interrelationships to solve mathematical problems or contextual math problems, and reinterpret the solution of mathematical problems into the context of problems

Keywords: Mathematical Connection Abilities, Contextual Mathematical Problems, Gender




Published
2018-07-16
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 122