PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

  • ARIFTA Yuhda YUHDA PRAWIRA MATHEdunesa merupakan jurnal ilmiah pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini terbit tiap empat bulan sekali dan satu volume terdiri atas tiga nomor. MATHEdunesa menerbitkan artikel asli hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, yaitu meliputi kajian tentang pengembangan model pembelajaran, problem solving, berfikir kreatif, pendidikan matematika realistic, pembelajaran kontekstual, inovasi pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi lengkung, dan adanya berbagai macam aplikasi komputer yang memudahkan kita dalam pembuatan media pembelajaran berbantuan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Dalam media yang dikembangkan diujicobakan pada 6 siswa di SMP Negeri 1 Balongpanggang. Proses pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model yang dikembangkan oleh Smith dan Ragan, yang terdiri atas 8 tahap, yang meliputi: analisis lingkungan belajar, analisis karakteristik siswa, analisis tugas pembelajaran, menulis butir tes, menentukan strategi pembelajaran, memproduksi program pembelajaran, evaluasi formatif dan revisi. Hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer dari ketiga kriteria sebagai berikut: media dinyatakan valid (dengan nilai rata-rata total 3,27 dari Ahli Materi dan 3,24 dari Ahli Media), praktis (dengan penilaian para ahli yaitu sedikit revisi dan rata-rata aktivitas positif 86,67%), dan efektif (dengan 100% siswa tuntas dan rata-rata total respon siswa 82,89%).
Published
2012-08-26
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 482