PENGEMBANGAN STUDENT’S WORKSHEET DENGAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

  • FARIDHATUN NASIKA MATHEdunesa merupakan jurnal ilmiah pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini terbit tiap empat bulan sekali dan satu volume terdiri atas tiga nomor. MATHEdunesa menerbitkan artikel asli hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, yaitu meliputi kajian tentang pengembangan model pembelajaran, problem solving, berfikir kreatif, pendidikan matematika realistic, pembelajaran kontekstual, inovasi pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran.

Abstract

Teorema Pythagoras perlu diajarkan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing agar menjadi lebih bermakna bagi siswa, dan berbahasa Inggris sesuai asas RSBI. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbahasa Inggris dengan model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi Teorema Pythagoras yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Plomp (tanpa fase implementasi). Instrumen penelitian antara lain lembar validasi LKS, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respons siswa, dan lembar soal pre-test dan post-test. Uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Trenggalek tahun ajaran 2011/2012.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS baik. LKS valid (rata-rata total validitas 3,55). LKS praktis (validator menyatakan LKS dapat digunakan, dan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 3,29. LKS efektif (100% siswa memperoleh peningkatan nilai dari pre-test ke post-test dengan peningkatan nilai rata-rata 41,3, serta respons siswa positif).
Published
2012-08-26
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 196