PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN PMR PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMPN 2 KEPOHBARU BOJONEGORO

  • WAHYHU PRASETYO MATHEdunesa merupakan jurnal ilmiah pendidikan matematika yang diterbitkan oleh Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya. Jurnal ini terbit tiap empat bulan sekali dan satu volume terdiri atas tiga nomor. MATHEdunesa menerbitkan artikel asli hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, yaitu meliputi kajian tentang pengembangan model pembelajaran, problem solving, berfikir kreatif, pendidikan matematika realistic, pembelajaran kontekstual, inovasi pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan PMR pada materi lingkaran, dan menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan PMR pada materi lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan rancangan model pengembangan perangkat menurut Thiagarajan, tanpa tahap penyebaran. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIII-B SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 22 orang. Pada penelitian ini, data diperoleh dari hasil validasi oleh para validator, hasil pengerjaan siswa pada soal tes hasil belajar, dan pengisian angket respon siswa.
Berdasarkan hasil analisis diperolah bahwa proses pengembangan LKS mengacu pada model menurut Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap pengembangan. Hasil pengembangannya adalah LKS dengan pendekatan PMR pada materi lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Published
2012-08-26
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 233