PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVER-INTROVER

  • RINI KUSUMA ANGGRAINI
  • PRADNYO WIJAYANTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Subjek dari penelitian ini adalah dua siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Mojoagung dengan rincian satu siswa bertipe kepribadian ekstrover dan satu siswa berkepribadian introver dengan kemampuan yang sama. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kepribadian, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan siswa bertipe kepribadian ekstrover dalam memecahkan masalah matematika memenuhi indikator kefasihan ditunjukan dengan memberikan minimal dua jawaban yang berbeda dan benar untuk masalah peratama dan kedua. Untuk indikator fleksibilitas juga terpenuhi di tunjukkan dengan menggunakan dua cara yang berbeda untuk masalah yang pertama dan kedua. Untuk indikator kebaruan juga terpenuhi ditunjukkan dengan memecahkan masalah dengan menggunakan cara yang baru. siswa bertipe kepribadian introver dalam memecahkan masalah matematika memenuhi indikator kefasihan ditunjukan dengan memberikan tiga jawaban yang berbeda dan benar untuk masalah peratama dan dengan memberikan dua jawaban untuk masalah kedua. Untuk indikator fleksibilitas juga terpenuhi di tunjukkan dengan menggunakan tiga cara yang berbeda untuk masalah yang pertama dan dua cara yang kedua. Sedangkan untuk indikator kebaruan juga terpenuhi ditunjukkan dengan memecahkan masalah dengan menggunakan cara yang baru. Pada indikator kefasihan siswa bertipe kepribadian introver lebih baik daripada siswa bertipe kepribadian ekstrover begitu juga dengan indikator fleksibilitas.

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Memecahkan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian Ekstrover-Introver.

Abstract

This research is a qualitative descriptive research which is conducted in odd semester of academic year 2017/2018. The subjects of this research are two students of class VIII-D State Junior High School 1 of Mojoagung with details of one student is extrovert personality and one student with introvert personality with the same ability. While the instruments in this research are personality tests, problem-solving tests and interview guidelines.

The results showed that students of extrovert personality in solving mathematical problems are qualify the indicator of fluency, is indicated by giving at least two different and correct answers for the first and second problem. For indicator of flexibility is also qualify, is indicated by giving two different ways for the first and second problem. So the indicator of novelty is also qualify, is indicated by solving the problem by using a new way. The students of introvert personality in solving mathematical problems is qualify for indicator fluency is indicated by giving three different and correct answers to the first problem and by giving two answers to the second problem.For indicator of flexibility is also qualify which is indicated by using three different ways for the first problem and two different ways for the second problem. As for the indicator of novelty is also qualify is indicated by solving the problem by using a new way. For indicator of fluency the introvert personality is better than the extroverted personality as well as the flexibility indicator.
Keywords: Creative Thought Thinking, Mathematical Problem Solving, Extrovert-Introvert Personality






Published
2018-07-26
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 60