NUMBER SENSE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

  • ELOK FATIMA AZZAHRO
  • TATAG YULI EKO SISWONO

Abstract

Abstrak

Number sense merupakan kemampuan mengolah bilangan dan sifat-sifat operasinya untuk menyelesaikan persoalan matematika. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan number sense siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen pada penelitian ini adalah tes number sense. Tes number sense dalam penelitian ini mencakup 11 indikator, yaitu (1) Menentukan suatu bilangan diantara bilangan-bilangan yang lain. (2) Menentukan besar kecil suatu bilangan dengan bilangan yang lain. (3) Mengurutkan bilangan dari bilangan yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya. (4)Mengubah suatu bentuk representasi bilangan ke bentuk representasi bilangan yang lain. (5) Mengenali ukuran suatu bilangan atau jumlah sebanyak. (6) Menentukan hasil kali dua bilangan. (7) Menggunakan sifat komutatif, asosiatif, distributif untuk menyelesaikan persoalan matematika. (8) Mengkaitkan hubungan antara operasi-operasi bilangan. (9) Mengkaitkan antara hasil penyelesaian dengan konteks permasalahan yang ada. (10) Menyelesaikan persoalan matematika dengan berbagai cara. (11) Menggunakan metode dan bentuk-bentuk bilangan yang efisien. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah memeriksa jawaban siswa, mengelompokkan kemudian dipersentase, disajikan dan ditarik simpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah siswa sudah mampu mengurutkan bilangan dari berbagai bentuk representasi bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya dengan rata-rata 65,98%, siswa belum dapat menggunakan sifat komutatif, asosiatif, atau distributif untuk menyelesaikan soal matematika, dan siswa mampu mengkaitkan antara hasil penyelesaian dengan konteks permasalahan yang ada dengan rata-rata 54,9% namun belum mampu menggunakan operasi yang sesuai pada soal yang lebih kompleks.

Kata Kunci: number sense, siswa SMP, soal matematika

Abstract

Number sense is an ability to process number and mathematical property to solve mathematic problems. The purpose of this research is to describe number sense in junior high school to solve mathematic problems.

Method of this research is descriptive quantitative. Instrument of this research is number sense test. There are 11 indicators in number sense test. These indicators are: (1) Place a number between other numbers. (2) Comparisons between numbers. (3) Arrange numbers from small number to large number or vice versa. (4) Change representations of number to other representations of number. (5) Recognize the magnitude of numbers. (6) Determine product of two numbers. (7) Use commutative property, associative property, or distributive property to solve mathematic problems. (8) Associate the relationships between operations. (9) Associate the relationships between problem context and an answer. (10) Determine mathematic problem with multiple strategies. (11) Use method and efficient representation. Data analysis technique of this research is examining the answers of student, grouping then make percentage, presenting and conclude.

Result of this research is students can arrange numbers of various representations of number from small number to large number or vice versa with average 65,98%, students not yet use commutative property, associative property, or distributive property to solve mathematic problems, students can associate the relationships between problem context and an answer with average 54,9% but not yet use suitable operations to solve complex problem.

Keywords: number sense, junior high school students, mathematic problems




Published
2018-07-26
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 102