ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KESEBANGUNAN

  • MUHAMMAD WIHDATUN NAFIIN
  • MEGA TEGUH BUDIARTO

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya temuan masalah di SMP Al-Azhar Menganti. Masalah tersebut salah satunya mengenai peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menentukan dua buah segitiga yang sebangun. Adanya kesulitan yang terjadi menyebabkan kebutuhan dalam menganalisis kesalahan peserta didik sebagai salah satu cara mengatasi kesulitan tersebut. Untuk menganalisis kesalahan tersebut dipilihlah analisis kesalahan Newman.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor penyebab peserta didik dalam menyelesaikan soal kesebangunan. Dari tujuan tersebut, jenis penelitian yang diambil adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode tes diagnostik dan wawancara. Untuk subjek penelitian diambil 3 peserta didik dengan kriteria 1 peserta didik yang melakukan kesalahan paling banyak, 1 peserta didik yang melakukan kesalahan bervariasi, dan 1 orang peserta didik yang komunikatif.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa peserta didik melakukan kesalahan reading, kesalahan transformation, kesalahan process skills, dan kesalahan encoding.

Kata kunci: Kesebangunan, Analisis Kesalahan Newman, Tes Diagnostik





Published
2018-07-30
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 53