PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • ASHDAQ FILLAH FR
  • TATAG YULI EKO SISWONO

Abstract

Abstrak

Kemampuan penalaran menjadi salah satu kemampuan yang menunjang siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penalaran merupakan suatu langkah berpikir untuk menarik kesimpulan secara logis dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Tiga siswa SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan hasil tes kemampuan matematika dan mewakili ketiga tingkat kemampuan matematika. Siswa yang terpilih diminta untuk memecahkan masalah matematika dan dilakukan wawancara berbasis tes.

Pada kemampuan berfikir secara runtut, ketiga siswa dapat menyebutkan semua informasi yang ada pada soal dengan tepat, dapat menyebutkan langkah awal yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah secara runtut, menghasilkan jawaban benar, serta melihat kembali keseluruhan proses pemecahan masalah hingga penarikan kesimpulan.Siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat menyelesaikan soal sesuai dengan rencana penyelesaian secara runtut. Sebaliknya, siswa berkemampuan matematika rendah belum melakukannya secara runtut.

Dalam kemampuan memberikan argumen yang tepat, ketiga siswa dapat menyebutkan teori,fakta, model, hsifat atau hubungan yang mendukung dalam proses pemecahan masalah, mampu menjelaskan argumennya mengenai langkah-langkah yang ditempuh dalam proses pemecahan masalah, serta kurang mampu memberikan validitas argumen pada proses pemecahan masalah .

Dari segi kemampuan menarik kesimpulan, ketiga siswa mampu membuat kesimpulan dari langkah-langkah pemecahan masalah. Siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang yakin odengan kesimpulan proses dan jawaban dari pemecahan masalah. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan matematika rendah kurang yakin dengan kesimpulan proses dan jawaban dari pemecahan masalah.

Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika
Published
2018-07-31
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 27