KONEKSI MATEMATIKA SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

  • ATIK DIAN WIDIASTUTI
  • SITI MAGHFIROTUN AMIN

Abstract

Koneksi matematika dapat diartikan sebagai hubungan atau keterkaitan antarkonsep dalam matematika, dan diluar matematika yaitu disiplin ilmu lain serta kehidupan sehari-hari. Koneksi matematika hadir dalam pemecahan masalah khususnya pada strategi pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan koneksi matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri 2 siswa SMP Al Hikmah Surabaya berdasarkan jenis kelamin yaitu satu siswa laki-laki di Kelas VIII-I dan satu siswa perempuan di Kelas VIII-A. Kedua subjek tersebut memiliki kemampuan yang sama yakni memilki kemampuan matematika tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang terdiri 2 soal tugas pemecahan masalah matematika dan wawancara untuk mengetahui koneksi matematika yang muncul dalam pemecahan masalah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan siswa perempuan memenuhi komponen indikator pertama “mengaitkan antar-ide matematika”, siswa menyebutkan ide penyelesaian masalah dengan membuat bangun persegipanjang luar. Kemudian dalam menentukan luas lahan, siswa mengurangkan luas persegipanjang tersebut dengan dua luas segitiga kongruen yang tidak termasuk dalam luas keseluruhan. Selanjutnya siswa mengalikan luas lahan tersebut dengan harga beli setiap meter persegi untuk menentukan harga beli lahan. Siswa juga menyebutkan konsep yang saling berkaitan yaitu bangun datar (persegipanjang dan segitiga siku-siku), teorema Pythagorass, tripel Phytagoras, kekongruenan, dan aljabar. Komponen indikator kedua “mengaitkan ide matematika dengan disiplin ilmu lain”, siswa menyebutkan dan menerapkan dengan benar konsep bidang studi lain yaitu ekonomi untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Hal tersebut ditunjukan siswa dengan memilih 2 dari 4 blok dengan luas lahan terluas untuk disertifikatkan agar mendapatkan harga jual tertinggi. Komponen indikator ketiga “mengaitkan ide matematika dengan kehidupan sehari-hari”, siswa menjelaskan dan menerapkan dengan tepat adanya keterkaitan harga jual bersertifikat dan tidak bersertifikat, luas lahan pada blok, harga beli lahan, dan banyak kavling dalam menentukan keuntungan penjualan kavling dan perbedaan harga jual kavling pada setiap blok.

Kata kunci: Koneksi matematika, masalah matematika, jenis kelamin

Abstract

Mathematical connection can be interpreted as a relationship between concepts in mathematics, and outside mathematics, namely other disciplines and real life. Mathematical connections are present in problem solving especially in problem solving strategies. The purpose of this research are to describe the mathematical connections of male student and female student with high mathematical skills in solving mathematical problems.

This research uses qualitative approach. The subjects of this research consisted of 2 students of SMP Al Hikmah Surabaya based on gender, one male student from class VIII-I and one female student from class VIII-A. Both subjects have same ability that has high mathematics skills. Data collection is done through a test consisting of 2 tasks in solving mathematics problem and interviews to determine the mathematical connections that arise when solve the problem.

The results of this research indicate that male student and female student fulfill first indicator component "linking mathematical ideas", students mention the idea of solving problems by building an outer rectangle. Then in determining the area, students subtract the area of rectangle by two congruent triangles that are not included in total area. Then students multiply the area with purchase price of each square meter to determine purchase price of the area. Students also mention concepts that are interrelated, namely flat sides (rectangles and right triangles), Pythagorean theorems, triple Pythagoras, congruence, and algebra. Second indicator component "links mathematical ideas with other disciplines", students mention and apply correctly other disciplines’ concept, namely economics to get maximum benefit. This is shown by students by choosing 2 of 4 blocks with widest certified area to get highest selling price. Third indicator component "links mathematical ideas with real life", students explain and apply precisely the relationship between certified and non-certified selling prices, blocks’ area, purchase price, the number of sold plots to get benefit, and plots selling prices’ difference in each block.

Keywords: Mathematical connections, mathematics problems, gender


Published
2018-08-23
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 29