KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TERKAIT DENGAN MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

  • TABRIIZ KAUTSAR ROSYAADAH
  • SUSANAH

Abstract

Abstrak

Salah satu kemampuan yang perlu dimiliki siswa dalam mempelajari matematika adalah kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis siswa dapat dilihat melalui penyelesaian masalah matematika siswa. Kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbeda-beda bergantung pada tingkat kemampuan matematika yang mereka miliki.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah terkait dengan materi kubus dan balok. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa laki-laki kelas VIII-H SMP Negeri 1 Surabaya yang telah mendapatkan materi bangun ruang sisi datar serta memiliki kemampuan matematika yang berbeda, yaitu berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu mencapai semua indikator kemampuan koneksi matematis dalam aspek koneksi antar konsep matematika serta dalam aspek koneksi dengan konsep disiplin ilmu lain, namun tidak dalam aspek koneksi dengan kehidupan nyata/sehari-hari. Siswa SMP yang memiliki kemampuan matematika sedang mampu mencapai semua indikator kemampuan koneksi matematis dalam aspek koneksi antar konsep matematika serta dalam aspek koneksi dengan konsep disiplin ilmu lain, namun tidak dalam aspek koneksi dengan kehidupan nyata/sehari-hari. Siswa SMP yang memiliki kemampuan matematika rendah mampu mencapai semua indikator kemampuan koneksi matematis dalam aspek koneksi dengan konsep disiplin ilmu lain, namun tidak dalam aspek koneksi antar konsep matematika serta aspek koneksi dengan kehidupan nyata/sehari-hari.

Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, masalah kubus dan balok, kemampuan matematika.

Abstract

One of abilities that is students needed in learning mathematics is mathematical connection ability. students’ mathematical ability can be seen through the solving of mathematics problems. students’ mathematical connection ability in solving any mathematics problems are different depending on the level of mathematical ability they have.

This is the descriptive research that aims to describe the mathematical connection ability of junior high school students who have high, medium, and low mathematical ability in solving cubes and rectangular prism problem. The research subjects are three male students of VIII-H in SMP Negeri 1 Surabaya who have earned polyhedron learning, and have different mathematical ability, that is high mathematical ability, medium mathematical ability, low mathematical ability. The method of collecting data was by written test.

The results showed that junior high school student who has high mathematical ability able to achieve all indicators of mathematical connection ability in connection aspect between mathematics concept and in connection aspect with other discipline concept, but not in connection aspect with real life/everyday. Junior high school student who has medium mathematical ability able to achieve all indicators of mathematical connection ability in connection aspect between mathematics concept and in connection aspect with other discipline concept, but not in connection aspect with real life/everyday. Junior high school student who has low mathematical ability able to achieve all indicators of mathematical connection ability in connection aspect with other discipline concept, but not in connection aspect between mathematics concept and connection aspect with real life/everyday.
Keywords: mathematical connection ability, cubes and rectangular prism problem, mathematical ability.
Published
2018-08-29
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 43