IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

  • IQLIMATUS SAADAH
  • SITI KHABIBAH

Abstract

ABSTRAK

IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Tuntutan dalam dunia Pendidikan telah mengalami banyak perubahan. Pada bidang Pendidikan, berpikir kreatif mendapat perhatian yang cukup besar. Berpikir kreatif merupakan suatu kegiatan mental yang melibatkan kemampuan untuk membangun ide-ide baru dalam memecahkan masalah. Kemampuan berpikir kreatif siswa memiliki lima tingkatan (sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, tidak kreatif). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini meliputi semua siswa kelas X MIPA 5 SMA NU 1 Gresik tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemecahan masalah dengan materi fungsi kuadrat.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat 8 siswa (24%) yang termasuk pada TBK 0 (tidak kreatif). Siswa pada tingkat ini adalah hanya mampu menghasilkan satu cara atau jawaban dalam memecahkan masalah. (2) terdapat 7 siswa (21%) yang termasuk pada TBK 1 (kurang kreatif). Siswa pada tingkat ini mampu menghasilkan dua jawaban beragam namun cara yang digunakan tidak beragam dalam memecahkan masalah. (3) terdapat 3 siswa (9%) yang termasuk pada TBK 2 (cukup kreatif). Siswa pada tingkat ini mampu menghasilkan dua cara yang beragam namun jawabannya tidak beragam dalam memecahkan masalah. (4) terdapat 14 siswa (43%) yang termasuk pada TBK 3 (kreatif). Siswa pada tingkat ini mampu menghasilkan minimal dua cara dan jawaban yang beragam dalam memecahkan masalah. (5) terdapat 0 siswa (0%) yang termasuk pada kelompok TBK 4 (sangat kreatif). Tidak ada siswa yang memenuhi TBK 4

.

Kata kunci: Memecahkan masalah, Tingkat berpikir kreatif

ABSTRACT

IDENTIFICATION OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS CREATIVE THINKING LEVEL IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEMS

The demand in educational world has already face several changes. In educational field, the thought for being creative get bigger attention. Think creatively is one of a mental activity which includes the ability to build new ideas in finding solutions. The ability to think creatively of a student has five stages which are; (very creative, creative, creative enough, not too creative, and less-creative). The aim of this study is to describe the thinking stages of a student in Senior High School to find the solution in mathematic problems. This study uses descriptive and qualitative approach for its analysis. The subject of this study includes all students grade X MIPA 5 in SMA NU 1 Gresik 2017/2018. While the instrument in this study is the problem-solution test with quadratic function material.

Based on the data analysis, it can be inferred that: (1) There are 8 students (24%) that categorized to the TBK 0 (less-creative). The students in this stage can only find one method and answer in solving problem. (2) There are 7 students (21%) that categorized to the TBK 1 (not-too creative). The students in this stage can find two various answers but the method were not various in solving problem. (3) There are 3 students (9%) that categorized to the TBK 2 (creative enough). Students in this stage can find two various method but the answers were not various in solving problem. (4) There are 14 students (43%) that categorized to the TBK 3 (creative). Students in this stage can find at least two various methods and formulas in solving problem. (5) There are 0 student (0%) that categorized to the TBK 4 (very creative) because there are no one who fulfill that categorized.

Keyword: Solving problem, Level of creative thinking

Published
2018-09-03
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 52