PROSES BERPIKIR SISWA SMP DENGAN KECERDASAN LINGUISTIK DAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

  • FIRLY NUR MILADIA
  • SITI KHABIBAH

Abstract

Abstrak

Proses berpikir mempengaruhi bagaimana siswa menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam menyelesaikan soal tersebut dibutuhkan kemampuan dalam memahami, merencanakan penyelesaian, hingga memeriksa hasil dari soal tersebut. Kemampuan tersebut merupakan kecerdasan yang dimiliki siswa, tidak hanya digunakan dalam menyelesaikan soal di sekolah namun juga dibutuhkan dalam memecahkan persoalan yang ada di lingkungannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kecerdasan linguisitik dan kecerdasan logis-matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa SMP Negeri 26 Surabaya kelas VIII-J tahun ajaran 2017/2018, yaitu 1 siswa berkecerdasan linguistik dan 1 siswa berkecerdasan logis-matematis.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses berpikir subjek linguistik dan subjek logis-matematis dalam tahap memahami soal yakni mengambil keputusan mengenai apa yang diketahui dan yang ditanya. Kemudian dalam tahap menyusun rencana penyelesaian, subjek linguistik mengingat konsep mengenai aljabar dan tidak mempertimbangkan keterkaitan SPLDV dengan aljabar. Sedangkan subjek logis-matematika mengingat konsep mengenai aljabar dan mempertimbangkan keterkaitan SPLDV dengan aljabar. Dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian, subjek linguistik dan subjek logis-matematis sama-sama mengingat konsep yang digunakan, argumen mengenai cara yang digunakan beserta alasannya, dan mengambil keputusan dalam menentukan nilai%2 dan nilai y menggunakan cara eliminasi-substitusi. Selanjutnya dalam tahap memeriksa hasil, subjek linguistik membaca jawaban yang telah dibuat sebanyak 1 kali dan tidak yakin 100% terkait dengan hasil pengerjaannya. Sedangkan subjek logis-matematis membaca jawaban yang telah dibuat sebanyak 2 kali dan yakin 100% terkait dengan hasil pengerjaannya.

Kata Kunci: Proses Berpikir, Kecerdasan Linguistik, Kecerdasan Logis-Matematis

Abstract

One’s thinking process affects how that person solves a problem. In solving a problem, the ability to understand, plan the completion, and examine the results of the problem are required. Those abilities correspond to the intelligence of students’ which is not only useful in solving problems at school, but also in society. This research appeared to be descriptive research by applying qualitative approach. The main aim was to describe the thinking process of junior high school students in solving the story problem of math problems using linguistic intelligence and logical-mathematical intelligence. The subjects of this study were 2 students of SMP Negeri 26 Surabaya class of VIII-J academic year 2017/2018; that are one student with linguistic intelligence and one other students with logical-mathematical intelligence.

The results of this research confirmed that student 1 with the linguistic intelligent did not meet the thinking process components completely starting from understanding the problem stage until the examination stage. In the planning stage as well as examining stage, student 1 did not get through the considering stage. Meanwhile, students 2 with logical-mathematical intelligence did meet all the components of thinking process starting from the understanding stage to the examining stage. Student 2 exactly did the remembering stage, considering stage, making argument stage, as well as making decision stage.

Keywords: Thinking Process, Linguistic Intelligence, Logical-Mathematical Intelligence

Published
2018-10-09
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 80