PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII-G SMPN 1 SEMANDING KAB. TUBAN

  • DWI SETIA RINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, prestasi belajar siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif berbasis tutor sebaya pada materi himpunan di kelas VII-G SMPN 1 Semanding, Kab. Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan one–shot case study. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas VII-G SMPN 1 Semanding tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 35 siswa. Sebanyak 10 siswa diambil untuk menjadi subjek pengamatan aktivitas siswa yaitu 2 tutor sebaya dan 8 siswa bukan tutor sebaya. Pengambilan data dilaksanakan selama tiga pertemuan untuk penerapan pembelajaran kooperatif berbasis tutor sebaya dan satu pertemuan untuk tes dan angket respon siswa. Selama pembelajaran diamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas tutor sebaya, dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 3,5; (2) aktivitas tutor sebaya selama pembelajaran tergolong aktif karena tidak ada yang melakukan perilaku tidak relevan, aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong aktif dengan jumlah persentase rata-rata seluruh aktivitas siwa selain berperilaku tidak relevan sebesar 91,92%; (3) prestasi belajar siswa yaitu dari aspek kognitif dan aspek afektif. Skor rata-rata aspek kognitif adalah 73,85 sedangkan skor rata-rata aspek afektif adalah 70,62; dan (4) respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif berbasis tutor sebaya adalah positif.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, tutor sebaya, himpunan

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 106