PEMBELAJARAN BERBASIS ORIGAMI UNTUK MENINGKATKAN VISUALISASI SPASIAL DAN KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMP

  • LIYA SUSANTI

Abstract

Visualisasi spasial merupakan bagian penting dalam pemikiran geometri. Visualisasi spasial dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis origami. Dalam proses melipat menjadi berbagai bentuk bangun datar, siswa dapat memahami konsep dan istilah-istilah dalam geometri sehingga pembelajaran tersebut akan meningkatkan kemampuan geometri siswa. Dari penelitian kecil yang telah dilaksanakan peneliti tentang sifat-sifat persegi menggunakan kertas origami dengan sasaran penelitian adalah seorang siswa kelas VII yang berasal dari SMPN 2 Sooko, dapat disimpulkan bahwa siswa dapat menyebutkan sifat-sifat persegi, menentukan definisi diagonal, serta menemukan diagonal-diagonal persegi yang sebelumnya belum diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan visualisasi spasial dan kemampuan geometri, serta respons siswa terhadap pembelajaran berbasis origami. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-E SMPN 6 Surabaya tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre test, post test, serta angket respons siswa. Masing-masing pre test dan post test terdiri dari paper folding test dan assessment tool. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan visualisasi spasial sebanyak 44%, sedangkan persentase jumlah siswa yang mengalami peningkatan kemampuan geometri sebanyak 93%. Sesuai dengan kriteria peningkatan oleh Khabibah (2006), maka peningkatan visualisasi spasial dan kemampuan geometri siswa secara berurutan adalah sangat rendah dan sangat tinggi. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran berbasis origami adalah positif.

Kata kunci: Origami, Pembelajaran Berbasis Origami, Visualisasi Spasial, Kemampuan Geometri.

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 821