PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN

Authors

  • MEGA TIARA RAHMAWATI

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n2.p%25p

Abstract

Pembelajaran harusnya berpusat pada siswa, sehingga diharapkan siswa bertindak aktif dan guru bertindak sebagai fasilitator. Namun, seringkali yang terjadi adalah siswa hanya berlaku sebagai obyek tanpa keterlibatan aktif di dalam pembelajaran. Untuk itu, dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two yang akan membuat pembelajaran lebih aktif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan one shot case study dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar selama penerapan model pembelajaran kooperatif the power of two pada materi operasi himpunan di kelas VII-I SMP Negeri 2 Ngadiluwih-Kediri. Data yang diperoleh adalah data mengenai pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar kognitif serta afektif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata dari pengelolaan pembelajaran yaitu sebesar 3,55 dan termasuk kriteria sangat baik, aktivitas siswa yang muncul dominan adalah memperhatikan penjelasan guru/ teman dengan persentase sebesar 31,25% dan aktivitas terendah yaitu mengeluarkan pendapat dengan persentase sebesar 2,35%, hasil belajar kognitif menunjukkan 79,49% mencapai ketuntasan belajar dan untuk hasil belajar afektif, 19 siswa atau sebesar 48,71% termasuk kategori baik.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe the power of two, operasi himpunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-05-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 83 , PDF Downloads: 90