PROFIL INTUISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

  • MUDRIKA

Abstract

Intuisi adalah kognisi segera dalam memperoleh dan memahami sesuatu tanpa bergantung pada suatu proses penalaran dan tanpa pembenaran atau bukti-bukti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk mengetahui profil intuisi siswa dalam memecahkan masalah geometri ditinjau dari kemampuan matematika. Metode pengumpulan data adalah dengan memberi tes pemecahan masalah kemudian dilakukan wawancara terhadap subjek penelitian. Di dalam wawancara tersebut, subjek penelitian diwawancarai apakah subjek menggunakan intuisi atau tidak pada setiap tahap pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah siswa-siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sepulu Bangkalan. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa, terdiri atas 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan pada umumnya profil intuisi siswa dalam memecahkan masalah geometri sebagai berikut: (1) Subjek berkemampuan matematika tinggi; dalam memahami masalah, menggunakan intuisi afirmatori, dalam membuat rencana dan melaksanakan pemecahan masalah, tidak menggunakan intuisi, dalam memeriksa kembali pemecahan masalah, menggunakan intuisi konklusif. (2) Subjek berkemampuan matematika sedang; dalam memahami masalah, menggunakan intuisi afirmatori, dalam membuat rencana dan melaksanakan pemecahan masalah serta memeriksa kembali pemecahan masalah, tidak menggunakan intuisi. (3) Subjek berkemampuan matematika rendah; dalam memahami masalah, tidak menggunakan intuisi, dalam membuat rencana pemecahan masalah, menggunakan intuisi antisipatori yang bersifat bertentangan pada umumnya, dalam melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa jawaban, tidak menggunakan intuisi.
Kata kunci: Intuisi, pemecahan masalah, kemampuan matematika

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 127