STUDI PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN YANG DIBERI KUIS DENGAN REWARD DAN PEMBELAJARAN YANG TIDAK DIBERI KUIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PATIANROWO

  • SUCI LUSMANDARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemberian kuis dengan reward terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Patianrowo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) karena pada penelitian ini peneliti tidak bisa mengontrol semua variabel yang mempengaruhi hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Patianrowo yang berjumlah 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H SMP Negeri 1 Patianrowo yang dipilih dengan cara cluster random sampling (penarikan sampel berkelompok). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan motivasi belajar pada pembelajaran yang diberi kuis dengan reward dan pembelajaran yang tidak diberi kuis di kelas VIII SMP Negeri 1 Patianrowo, karena diketahui bahwa nilai t > t1-α atau 3,51 > 1,68; (2) terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran yang diberi kuis dengan reward dan pembelajaran yang tidak diberi kuis di kelas VIII SMP Negeri 1 Patianrowo, karena diketahui bahwa nilai t > t1-α atau 4,49 > 1,68.
Kata kunci: pemberian kuis dengan reward

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 100