IDENTIFIKASI TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF (TKBK) SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VIII SMP

  • VIVIN SEPTIANA RIYADI PUTRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal Open Ended pada materi segiempat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi semua siswa kelas VIII-A SMPN 1 Kemlagi tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 31 siswa dan 5 siswa yang mewakili masing-masing tingkat menjadi subjek wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat 3 subjek (10%) yang termasuk dalam TKBK 0 (tidak kreatif); (2) terdapat 2 subjek (6.67%) yang termasuk dalam TKBK 1 (kurang kreatif); (3) terdapat 6 subjek (20%) yang termasuk dalam TKBK 2 (cukup kreatif); (4) terdapat 3 subjek (10%) yang termasuk dalam TKBK 3 (kreatif); dan (5) terdapat 16 subjek (53.33%) yang termasuk dalam TKBK 4 (sangat kreatif).
Kata kunci: Soal open ended, Kemampuan Berpikir Kreatif

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 123