KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI

  • WARDATUL HASANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan logis-matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi komposisi fungsi di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidoarjo. Data penelitian deskriptif kualitatif ini diperoleh dari tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sidoarjo tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 siswa. Siswa-siswa tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yakni kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Dari masing-masing kelompok dipilih 2 siswa yang akan menjadi subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa pada setiap kelompok mampu melakukan beberapa indikator kecerdasan logis-matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada kelompok tinggi, siswa yang memiliki skor tertinggi mampu melakukan 4 indikator, yaitu mampu mengklasifikasikan informasi yang ada pada masalah, mampu membandingkan kaitan antara informasi yang ada pada masalah dengan pengetahuan yang dimiliki, mampu melakukan operasi perhitungan matematika, dan mampu menggunakan penalaran induktif maupun deduktif dalam menyelesaikan masalah. Siswa dengan skor terendah pada kelompok tinggi mampu melakukan 3 indikator, yaitu mampu mengklasifikasikan informasi yang ada pada masalah, mampu membandingkan kaitan antara informasi yang ada pada masalah dengan pengetahuan yang dimiliki, dan mampu melakukan operasi perhitungan matematika. Pada kelompok sedang, kedua siswa mampu melakukan 4 indikator, yaitu mampu mengklasifikasikan informasi yang ada pada masalah, mampu membandingkan kaitan antara informasi yang ada pada masalah dengan pengetahuan yang dimiliki, mampu melakukan operasi perhitungan matematika, dan mampu membuat dugaan sementara mengenai jawaban dari masalah. Kedua siswa pada kelompok rendah mampu melakukan 3 indikator, yaitu mampu mengklasifikasikan informasi yang ada pada masalah, mampu membandingkan kaitan antara informasi yang ada pada masalah dengan pengetahuan yang dimiliki, dan mampu melakukan operasi perhitungan matematika.
Kata kunci: Kecerdasan logis-matematis, Pemecahkan Masalah Matematika, Komposisi Fungsi.

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 361