PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA

  • LUQMAN NIZAR ADITYA

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TAI. Adapun rancangan penelitian dalam penelitian ini adalah one shot case study yang dilakukan selama dua kali pertemuan untuk penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan satu pertemuan untuk melaksanakan tes hasil belajar dan pengisian angket respon siswa terhadap pembelajaran TAI. Hasil analisis data menunjukkan : (1) Aktivitas siswa setelah penerapan pembelajaran TAI tergolong aktif. Hal ini ditunjukkan dengan persentase yang diperoleh siswa selama dua kali pertemuan ≥ 75% yaitu 87.15%; (2) Hasil belajar siswa setelah pembelajaran TAI diperoleh hasil bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 73.44. persentase peningkatan hasil belajar siswa adalah 62.50% dengan kriteria rendah; (3) Respon siswa setelah pembelajaran TAI tergolong positif.
Kata kunci : Pembelajaran kooperatif, TAI

Published
2013-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 45