Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mind Mapping pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP

  • Abriyanti Oktafiani Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya
  • Rini Setianingsih Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Keterampilan dalam memilih model dan metode pembelajaran yang tepat sangat penting untuk dikuasai oleh guru. Hal ini dilakukan agar pembelajaran dapat lebih menarik, mudah dipahami dan tentu saja dapat menunjang prestasi belajar peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mind Mapping. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok-kelompok kecil yang heterogen dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang. Adapun metode Mind Mapping adalah teknik meringkas bahan yang perlu dipelajari dalam bentuk peta, gambar, grafik dan menggunakan warna agar lebih mudah memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mind Mapping, (2) mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, (3) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik, dan (4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data tentang aktivitas pengelolaan pembelajaran guru dan aktivitas peserta didik, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh beberapa hasil dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mind Mapping antara lain: (1) peserta didik aktif dalam mengerjakan tugas dan membuat Mind Mapping, hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas peserta didik dengan persentase 82,57% pada kategori sangat baik; (2) aktivitas pengelolaan pembelajaran guru berjalan kondusif, hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil observasi pengelolaan pembelajaran guru dengan persentase 79,52% pada kategori baik; (3) tes hasil belajar peserta didik rendah hal ini dapat dilihat dari hasil tes peserta didik dengan persentase 10% pada kategori kurang sekali; dan (4) respon peserta didik dalam pembelajaran baik, dapat ditunjukkan dengan hasil angket respon peserta didik dengan persentase 53,95% pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Mind Mapping pada peserta didik SMPN 3 Waru belum terlaksana dengan baik dikarenakan hasil belajar peserta didik yang masih kurang dari KKM.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Mind Mapping

Published
2019-08-15
Abstract Views: 150
PDF Downloads: 145