Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Tipe Kepribadian

  • Mutamima Mutamima Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya
  • Janet Trineke Manoy Jurusan Matematika, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa. Dengan mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa, guru bisa memilih metode pembelajaran yang cocok untuk masing-masing tipe kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data ini dikumpulkan menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa yang diperoleh dari tes tipe kepribadian. Empat siswa tersebut terdiri dari satu siswa sanguinis, satu siswa koleris, satu siswa melankolis, dan satu siswa phlegmatic dan mempunyai kemampuan matematika setara. Selanjutnya siswa diberikan tes soal cerita untuk dianalisis sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematika. Hasil analisis data dari penelitian ini yaitu (1) kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian sanguinis yaitu akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar (2)   kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian koleris yaitu tidak akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar (3) kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian melankolis yaitu akurat, lengkap, dan lancar (4) kemampuan komunikasi matematika tulis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita dengan kepribadian phlegmatic yaitu akurat, tidak lengkap, dan tidak lancar.

Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematika, soal cerita, tipe kepribadian

Published
2019-08-24
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 241