ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT

  • Mochamad Andy Ardianzah Universitas Negeri Surabaya
  • Pradnyo Wijayanti

Abstract

Dalam mengerjakan permasalahan matematika, pasti ada yang mengalami suatu hambatan dalam proses pemecahannya yang menyebabkan terjadinya suatu kesalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan Newman pada materi bangun datar segiempat dan penyebab mereka melakukan kesalahan tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan metode tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian adalah 3 dari 32 siswa kelas VII-D SMP Negeri 2 Nganjuk yang dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan saat tes tulis.

Hasil penelitian menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita tentang bangun datar segiempat, yaitu (1) kesalahan dalam membaca soal, (2) kesalahan dalam memahami soal, (3) kesalahan dalam mentransformasi soal, (4) kesalahan dalam keterampilan proses, dan (5) kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut adalah siswa kurang teliti dalam membaca dan mengerjakan soal, belum paham materi dan belum terbiasa mengerjakan soal cerita dengan tahapan Newman.

Kata kunci: analisis, kesalahan, soal cerita, tahapan newman, bangun datar segiempat.

 

In working on mathematical problems , there must be someone(s) who got some obstacles in the process of solving it which causes an error in the learning process. This research aims to describe students errors according to Newman’s Error Analysis in solving rectangular word problem and why they are doing that.

This research used a qualitative-descriptive approach with the written test and interview method. The research subjects were 3 of 32 students from class 8­th-D Public Middle School 2 Nganjuk which is chosen based on the number of errors made during the written test.

The results of this research shows that the students made some errors in solving mathematics involving rectangular word problems such as reading error, comperhension error, transformation error, process skill error and encoding error. The reason students make these mistakes are (1) students are not careful in reading and working on problems, (2) students doesn't understand the material, (3) and students are not usual to working on word problems using the Newman’s  method.

Keywords: analysis, errors, word problems, Newman’s method, rectangular.

Author Biography

Mochamad Andy Ardianzah, Universitas Negeri Surabaya

Mochamad Andy Ardianzah

13030174039

Pendidikan Matematika

FMIPA Universitas Negeri Surabaya

 

Published
2020-01-23
Abstract Views: 285
PDF Downloads: 514