PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII SMP

  • novika safitri istiqomah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan kumpulan sumber belajar yang memungkinkan guru dan siswa melakukan kegiatan pembelajaran. Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh adanya perangkat pembelajaran. Dalam penelitian ini, perangkat pembelajaran yang dikembangkan ialah RPP, LKS dan THB. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan proses dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah pada materi Pythagoras kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode dari Plomp. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII-6 SMPN 4 Nganjuk. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran, lembar validasi, rubrik penilaian lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, rubrik penilaian pengamatan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti memenuhi kriteria kevalidan dengan total RPP, THB dan LKS 3.93, 3.83 dan 3.67. Kepraktisan semua perangkat pembelajaran ini termasuk dalam kategori dapat digunakan dengan sedikit revisi. Dalam keterlaksanaan pembelajaran diperoleh total 3.69 termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa termasuk dalam kategori sangat aktif dengan total 98.68%. Pada penilaian keefektifan untuk semua perangkat pembelajaran ini, dilihat dari angket respon siswa termasuk dalam kategori positif dengan perolehan lebih dari 50% dari seluruh butir pernyataan yang dalam kriteria kuat dan sangat kuat. Selain itu untuk ketuntasan ketuntasan klasikal diperoleh 82.14%.

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pemecahan Masalah.

Author Biography

novika safitri istiqomah, Universitas Negeri Surabaya
Novika safitri lahir pada tanggal 19 November 1998 dan sekarang telah menyelesaikan S1 Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Surabaya.
Published
2020-06-05
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 532