PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 JOMBANG

  • Nurul Istiqomah Universitas Negeri Surabaya
  • Tatag Yuli Eko Siswono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Peneliti mengambil riset ini untuk mencari tahu tentang pengaruh penerapan pembelajaran model problem
based learning pada kemampuan metakognitif dan pemecahan masalah dalam belajar, khususnya mata
pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen bentuk
true experiment. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Untuk menguji hipotesis
yang dipaparkan pada awal penelitian, teknik pengolahan data untuk riset ini menerapkan uji-t. Dari
runtutan aktivitas penelitian dan pengolahan data tersebut, diketahui bahwa hasil akhir nilai koefisien
𝒕𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 > 𝒕𝒕𝒂𝒃𝒆𝒍. Sehingga berpedoman dari hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model
problem based learning berpengaruh pada kemampuan metakognitif. Hasil analisis data lainnya dari
pemecahan masalah dalam menyelesaikan persoalan matematika, diketahui hasil akhir nilai koefisien
𝒕𝒉𝒊𝒖𝒕𝒏𝒈 > 𝒕𝒕𝒂𝒃𝒆𝒍. Dari hal tersebut dapat disimpulkan lagi bahwa model problem based learning juga
berpengaruh terhadap pemecahan masalah dalam menyelesaikan persoalan matematika.
Kata Kunci: pembelajaran problem based learning, kemampuan metakognitif, pemecahan masalah
matemaika.

Published
2020-06-30
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 218