PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL HIMPUNAN DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK DAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS

  • Maidatuz Zulaihah Universitas Negeri Surabaya
  • Endah Budi Rahaju Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual
himpunan ditinjau dari kecerdasan linguistik dan logis-matematis sehingga termasuk penelitian deskripstif
kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu empat siswa kelas VII yang terdiri dari dua siswa
yang memiliki kecerdasan linguistik dan dua siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis.
Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kecerdasan majemuk, tes matematika kontekstual
yang diberikan kepada dua kelompok siswa linguistik dan logis-matematis, dan wawancara. Kemudian data
dianalisis berdasarkan indikator proses berpikir siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa siswa
dengan kecerdasan linguistik dapat mengingat dengan mengaitkan antara pengetahuan yang telah dimiliki
dengan informasi pada soal yang dihadapi namun kurang tepat, mempertimbangkan informasi yang tidak
diperlukan dan dua rencana yang akan digunakan yaitu rumus dan diagram venn, membuat argumen dengan
menyebutkan kekurangan dan kelebihan setiap rencana yang dibuat namun kurang lengkap, dan memutuskan
menggunakan satu cara yaitu ada yang menggunakan rumus dan ada yang menggunakan diagram venn
kemudian menyimpulkan menggunakan bahasa yang sesuai soal. Sedangkan siswa dengan kecerdasan logismatematis juga dapat mengingat dengan mengaitkan antara pengetahuan yang telah dimiliki dengan
informasi pada soal yang dihadapi dengan mengubah informasi soal ke bentuk simbol-simbol yang sesuai
dengan pengetahuan sebelumnya, mempertimbangkan informasi yang tidak diperlukan dan dua rencana yang
akan dipilih yaitu rumus dan diagram venn, membuat argumen dengan menyebutkan kekurangan dan
kelebihan setiap rencana yang dibuat, dan memutuskan menggunakan satu cara yaitu ada yang menggunakan
rumus dan ada yang menggunakan diagram venn kemudian menyimpulkan dengan menggunakan bahasanya
sendiri.

Published
2020-06-30
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 187