STUDI KASUS: ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI SMA NEGERI 1 CERME GRESIK JAWA TIMUR

  • Heni Baskorowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasari atas banyaknya kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika menyebabkan terjadinya kesalahan. Kesalahan siswa harus segera dipecahkan agar tidak terulang dan mempengaruhi hasil belajar. Pemecahan ini dapat dilakukan dengan cara mengetahui dimana letak kesalahan yang terjadi, jenis kesalahan yang dilakukan dan faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis letak dan jenis kesalahan serta faktor yang menyebabkan kesalahan yang dilakukan siswa menggunakan tahapan pemecahan pemecahan masalah Polya. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes tulis dan wawancara. Tes tulis yang diberikan berupa soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Subjek penelitian yaitu 3 siswa dipilih dari 36 siswa XI IPA4 SMA Negeri 1 Cerme. Subjek penelitian dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan pada saat tes tulis, kemudian diwawancarai. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa dalam mengerjakan soal cerita dengan materi sistem persamaan linear tiga variabel, terjadi kesalahan pada masing-masing indikator dalam tahapan pemecahan masalah Polya, di antaranya (1) kesalahan dalam pemahaman soal, (2) kesalahan dalam perencanaan penyelesaian, (3) kesalahan dalam pelaksanaan rencana penyelesaian, dan (4) kesalahan dalam pemeriksaan kembali. Siswa melakukan kesalahan dalam bentuk kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan operasi. Faktor penyebab kesalahan siswa yaitu tidak memahami makna soal, lemahnya pemahaman konsep, tidak fokus dalam pengerjaan, lingkungan dan cara belajar siswa. Dari letak, jenis dan faktor penyebab kesalahan yang diperoleh pada penelitian ini dapat digunakan oleh pendidik sebagai pertimbangan dalam merencanakan pembelajaran agar kesalahan serupa tidak terulang.

Kata kunci: analisis, kesalahan, pemecahan masalah Polya, soal cerita, spltv.

Abstract

This research is motivated by the number of difficulties students faced while solving mathematics story problem which causes errors. Student’s error needs to be solved immediately to not affecting the learning result. To solve them, we needs to identified location of the errors occur, types of mistakes are made, and what are the causes. This research use a qualitative-descriptive approach. This research aims to analyze the location, type of errors, and the causes using Polya’s problem-solving steps. To collect data, this research using written test and interview methods. The written test is in the form of mathematics story problem involving the linear equation of three variables. The research subjects were 3 of 36 students from class 11th Science 4 State Highschool of Cerme. Research subject is chosen based on the number of errors made during the written test then interviewed. The result of this research shows that in order to solve problems, errors occurs on each Polya’s problem-solving steps indicators, such as (1) errors in understanding the problem, (2) errors in devising a plan, (3) errors in carrying out the plan, and (4) errors in looking back. The type of errors made by students were concept error, principle error, and operation error. The factors are not understand the problem, low concept, not focus, cognitive factors, and their learning environment. The result of this research can be used for teachers to make their teaching plan to avoid the same error occurs.

Keywords: analysis, errors, story problems, Polya’s problem-solving, spltv.

Published
2021-01-03