PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DENGAN KECERDASAN LINGUISTIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Authors

  • Tria Winda Liana Mahasiswa unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p589-594

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematika siswa dalam memecahkan masalah. Indikator komunikasi matematika dalam pemecahan masalah mengacu pada langkah pemecahan masalah Polya dan Prayitno. Subjek penelitian ini adalah dua siswa  yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi. Instrumen penelitiannya adalah angket identifikasi kecerdasan linguistik, tes komunikasi matematika dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki mampu merumuskan informasi atau hal-hal yang diketahui dan ditanyakan secara tertulis dan lisan, mengungkapkan strategi penyelesaian dan memodelkan situasi dengan menggunakan simbol atau notasi matematika, menyatakan representasi matematika (rumus), menyelesaikan masalah sesuai langkah-langkah penyelesaian, serta menuliskan dan mengungkapkan kesimpulan. Sedangkan, untuk siswa perempuan perbedaannya pada kemampuan menggunakan simbol atau notasi matematika dalam menyelesaikan permasalahan.

Kata kunci : komunikasi matematika, kecerdasan linguistik, pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-27
Abstract views: 196 , PDF Downloads: 225