Google Classroom Atau Cisco Webex?: Aplikasi Untuk Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Aljabar Liniear

  • dina chairunnisa Institut Agama Islam Bengkulu
  • MELA AZIZA Institut Agama Islam Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran penggunaan Google Classroom dan Cisco Webex dalam pembelajaran daring (online) pada mata kuliah Aljabar Liniear. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi penelitian yaitu mahasiswa/i semester 2B Tadris Matematika. Sampel yang diambil adalah 10 mahasiswa. Pemilihan jumlah sampel berdasarkan tujuan penelitian dengan random sampling dan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi berupa screnshoot proses pembelajaran daring dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penggunaan Google Classroom dan Cisco Webex dalam pembelajaran daring memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Pada Google Classroom memiliki kelebihan yaitu bisa menyimpan materi yang dibagikan dosen saat pembelajaran berlangsung. Namun tidak ada fitur audio pada Google Classroom. Cisco Webex lebih memudahkan mahasiswa/i dalam memahami materi Aljabar Liniear. Hal ini disebabkan karena tersedianya sharescreen didalam Cisco Webex yang digunakan dosen ketika menjelaskan materi.

Published
2021-06-11