PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESIMAL BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA SMP KELAS V

  • DWI MARTYAS NURLIZA

Abstract

Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif tentang desimal dibutuhkan dalam meningkatkan minat belajar siswa tetapi ketersediaan multimedia interaktif masih belum memenuhi kebutuhan siswa sehingga peneliti melakukan penelitian mengenai pengembangan multimedia interaktif.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran materi desimal berbasis multimedia interaktif yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Rancangan penelitian yang digunakan mengikuti model umum pemecahan masalah bidang pendidikan Plomp, yaitu : tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi, tahap tes, evaluasi, revisi, dan tahap implementasi . Tetapi penelitian hanya sampai pada tahap keempat. Responden penelitian adalah 15 siswa SMP yang terdiri dari masing-masing 5 siswa pada tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran desimal berbasis multimedia interaktif untuk siswa SMP kelas VII memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid dari segi materi dan media dengan nilai rata-rata total validasi yang diberikan oleh ahli materi sebesar 3,65 dan nilai rata-rata total validasi yang diberikan oleh ahli media sebesar 3,23. Praktis secara teoritik berdasarkan penilaian umum para ahli dan praktis secara praktek berdasarkan presentase pertanyaan siswa sebesar 30% yaitu dapat digunakan dengan revisi. Efektif karena 80% siswa memenuhi ketuntasan belajar dan respon siswa sebesar 86,18% atau sangat positif. Penelitian ini menggunakan responden yang telah menerima materi serupa, sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat menggunakan responden yang belum memperoleh materi serupa.
Kata kunci: desimal, media pembelajaran, multimedia interaktif.

Published
2013-08-19
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 760