PROFIL KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKANSOAL HOT PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARIKEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

  • IKA VICTORIA NALURITA

Abstract

HOT (higher order thinking) penting
dikembangkan pada siswa untuk menghadapi
permasalahan kompleks dalam kehidupan sehari –
hari dengan cara pemberian soal–soal non rutin
berupa soal dengan indikator menganalisa,
mengevaluasi dan mencipta berdasarkan Taksonomi
Bloom. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan
untuk mendeskripsikan profil kemampuan siswa
SMP dalam menyelesaikan soal HOT pada materi
Lingkaran dit injau dari kemampuan matematika
siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti
memberikan tes soal HOT dan melakukan
wawancara pada 6 subyek yang merupakan siswa
kelas VIII SMP. Pengelompokan kemampuan
matemat ika dilakukan dengan cara memberikan tes
kemampuan matematika sebelumnya. Enam subyek
tersebut terdiri dari dua siswa berkemampuan
matemat ika tinggi, sedang dan rendah. Selanjutnya
data yang diperoleh dianalisis berdasarkan empat
tahapan Polya.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa
berkemampuan matematika t inggi termasuk
kategori baik dalam soal menganalisa, soal
mengevaluasi dan soal mencipta, (2) Siswa
berkemampuan matematika sedang termasuk
kategori baik dalam soal menganalisa, serta
termasuk kategori cukup dalam soal mengevaluasi
dan soal mencipta, (3) Siswa berkemampuan
matemat ika rendah termasuk kategori kurang dalam
soal menganalisa dan soal mengevaluasi serta
termasuk kategori sangat kurang dalam soal
mencipta.
Kata Kunci: Kemampuan penyelesaian soal, soal
HOT, kemampuan matematika

Published
2013-08-19
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 107