PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASHPADA MATERI LINGKARAN DENGAN MEMPERHATIKAN FUNGSIKOGNITIF RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT)

  • M. NUR SOFA AMIQ EL - HAQ

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan
siswa pada materi lingkaran khususnya dalam
berpikir matematika rigor dan kurangmya
pemanfaatan komputer pada proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
proses dan hasil pengembangan media
pembelajaran berbasis flash pada materi lingkaran
dengan memperhatikan fungsi kognitif Rigorous
Mathematical Thinking (RMT) yang baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dengan mengadopsi model
pengembangan Smith dan Ragan terdiri atas 8 tahap
yaitu : 1) Analisis lingkungan belajar, (2) Analisis
karakteristik siswa, (3) Analisis tugas pembelajaran,
(4) Menulis butir tes, (5) Menentukan strategi
pembelajaran, (6) Memproduksi program
pembelajaran yaitu membuat media pembelajaran
berbasis flash, (7) Melaksanakan evaluasi formatif,
dan (8) Merevisi media pembelajaran. Hasil
pengembangan media media pembelajaran berbasis
flash pada materi lingkaran dengan memperhatikan
fungsi kognitif Rigorous Mathematical Thinking
(RMT) dikatakan baik karena dinyatakan valid
dengan nilai rata-rata total validasi dari ahli media
sebesar 3,83 dan dari ahli materi sebesar 3,81.
Praktis karena media yang dikembangkan bisa
digunakan dengan sedikit revisi dan hasil uji coba
terbatas menunjukkan persentase jawaban benar
siswa 85,67%. Dan efektif karena hasil tes belajar
siswa menunjukkan 83,33% siswa mendapat nilai
(tuntas klasikal) dan siswa merespon
positif media dengan nilai rata-rata sebesar 83,32%.
Adapun pencapaian fungsi kognitif yang dicapai
adalah: subyek pertama, kedua dan ketiga mencapai
level ketiga, subyek keempat mencapai level kedua
dan subyek kelima dan keenam mencapai level
pertama.
Kata kunci: Media pembelajaran, Lingkaran,
Rigorous Mathematical Thinking.

Published
2013-08-20
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 160