PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARANMETEMATIKA PADA MATERI POKOK VOLUME KUBUSDAN BALOK DI KELAS V

  • NANIK SHOHIFAH

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang obyeknya terdiri dari konsep dan operasi yang semuanya abstrak, maka seorang guru memerlukan suatu cara agar siswa dapat mempelajarinya dengan baik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang bersifat abstrak adalah dengan menggunakan alat peraga. Selain itu, penggunaan alat peraga juga diperlukan untuk mendukung tercapainya materi pembelajaran yang bersifat abstrak kedalam bentuk konkrit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: 1) Aktivitassiswa, 2) Kinerjasiswa, 3) Ketuntasan belajar siswa, 4) Respon siswa terhadap penggunaan alat peraga dalam pembelajaran.
Sabjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Fathul Huda Jombang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini terbatas pada materi pokok volume kubus dan balok. Rancangan penelitian yang digunakan adalah : one shot case study, perangkat Pembelajaran yang digunakan adalah Rencana pelaksanaan pembelajaran, LKS, dan alat peraga. Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar kinerja, lembar tes, serta angket respon siswa.
Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Aktivitas siswa termasuk dalam kategori aktif, 2) Kinerja siswa selama pembelajaran di kategorikan berhasil, 3) Hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dengan persentase ketuntasan 80,77%, 4) Respon siswa terhadap pembelajaran memberikan respon yang positif.
Kata kunci: Alat Peraga,kubus, dan balok

Published
2013-08-20
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 335