PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAMMEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDEDDITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWADAN PERBEDAAN JENIS KELAMINPADA MATERI KUBUS DAN BALOK

  • SRI LESTARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah open ended berdasarkan kemampuan matematika siswa dan perbedaan jenis kelamin pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 29 Surabaya tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 6 siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi baik berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan dapat melalui 4 tahap proses berpkir kritis, yang terdiri dari klarifikasi, asesmen, infersensi, dan strategi. Pada kemampuan matematika sedang dan rendah baik siswa berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan tidak dapat melalui salah satu atau lebih dari 4 tahap proses berpikir kritis.
Kata kunci: proses berpikir kritis, berpikir kritis,

Published
2013-08-20
Abstract Views: 116
PDF Downloads: 683