HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SMAN 2 MAGETAN KELAS X3

  • NANA WIJAYANTI

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang, akan sangat menarik jika guru juga dapat mengetahui kaitan antara partisipasi belajar siswa dan matematika dengan kecerdasan emosional ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap partisipasi belajar dan pemahaman matematika siswa. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah agar guru nantinya dapat menggunakan hasil penelitian sebagai pengetahuan dan pertimbangan dalam merancang kegiatan belajar mengajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak siswa di kelas X3 SMAN 2 Magetan. Hasil analisis data menggunakan koefisien korelasi Spearman menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dan partisipasi belajar siswa diperoleh nilai rs sebesar 0,256 dan koefisien korelasi antara kecerdasan emosional dan pemahaman matematika siswa diperoleh nilai rs sebesar 0,131. Dengan batas nilai kritis sebesar 0,643, maka H0 dapat diterima.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Partisipasi Belajar, Pemahaman Matematika

Published
2013-08-26
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 120