Pengembangan e-book Interaktif pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP

  • Laila Tuljannah Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Khabibah Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Materi bentuk aljabar merupakan pintu gerbang menuju matematika tingkat lanjut. Seringkali siswa mengalami miskonsepsi pada materi bentuk aljabar terutama pada konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat untuk mempelajari materi tersebut. Salah satu cara agar siswa berminat dalam belajar aljabar adalah menyediakan media pembelajaran seperti e-book interaktif agar dapat menunjang belajar siswa pada masa pandemi COVID-19 yang proses belajarnya dilaksanakan dari rumah melalui pembelajaran daring. Sehingga penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk e-book interaktif pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP, 2) Mendeskripsikan kevalidan e-book interaktif pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP, 3) Mendeskripsikan kepraktisan e-book interaktif pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP, 4) Mendeskripsikan keefektifan setelah menggunakan e-book interaktif pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Penelitian ini menghasilkan produk e-book interaktif dalam bentuk .apk untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi android. e-book interaktif materi bentuk aljabar untuk siswa SMP yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan (valid, ppraktis, dan efektif). Hasil uji kevalidan e-book interaktif sebesar 87,42% dengan kategori “sangat valid”. Kevalidan diperoleh dari hasil penilaian 2 validator materi dan 2 validator media.  Hasil uji kepraktisan e-book interaktif sebesar 90% sehingga dapat dikatakan bahwa e-book interaktif ini termasuk kategori “Sangat Praktis”. Kepraktisan diperoleh dari hasil penilaian siswa melalui angket tertutup. e-book interaktif ini termasuk efektif karena hasil belajar siswa tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 88,89% dan hasil respon siswa termasuk dalam kategori “sangat positif” dengan persentase sebesar 88,54%. Dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP layak digunakan dalam pembelajaran sehingga meningkatkan prestasi belajar dan minat siswa dalam belajar aljabar.

Published
2021-06-30