Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Mengerjakan Soal Matematika HOT Ditinjau dari Kemampuan Matematika

  • Airna Perwitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Kurniasari

Abstract

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa SMA dalam mengerjakan soal matematika HOT ditinjau dari kemampuan matematika tinggi dan sedang. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan proses berpikir kritis siswa yaitu, (1) terdapat persamaan kedua subjek pada tahap klarifikasi yaitu siswa mengidentifikasi informasi dan perintah yang ada pada soal; (2) terdapat perbedaan kedua subjek pada tahap asesmen yaitu subjek berkemampuan matematika tinggi mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dengan disertai alasan sedangkan subjek berkemampuan matematika sedang tidak disertai alasan; (3) terdapat perbedaan kedua subjek pada tahap inferensi yaitu subjek berkemampuan matematika tinggi menjelaskan hubungan dari setiap informasi dan memberikan kesimpulan lengkap, sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang tidak memberikan kesimpulan yang lengkap untuk soal analisis; (4) terdapat perbedaan kedua subjek pada tahap strategi yaitu subjek berkemampuan matematika tinggi mengerjakan soal dengan dua cara serta mengevaluasi hasil pekerjaannya sehingga memperoleh jawaban benar, sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang mengerjakan soal dengan satu cara dan tidak mengevaluasi hasil pekerjaanya pada soal analisis.


Kata Kunci: Proses Berpikir Kritis, Soal HOT, Kemampuan Matematika.

Published
2021-07-15