EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SETARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Gadang Gumilar Ramadhana Laksono Unesa
  • Raden Sulaiman

Abstract

Pandemi COVID-19 mempengaruhi banyak bidang, salah satu bidang yang terdampak yaitu pendidikan. Pemerintah berupaya mengurangi angka penyebaran COVID-19 ini dengan mengurangi kontak fisik yang terjadi. Alternatif yang diterapkan pada bidang pendidikan yaitu dengan menerapkan pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Pembelajaran secara daring tidak hanya diterapkan pada pendidikan formal saja tetapi juga pendidikan nonformal. Salah satu pendidikan nonformal yang juga menerapkan pembelajaran secara daring yaitu SKB Gudo Jombang. Pada SKB Gudo Jombang pembelajaran secara daring dilaksanakan melalui Setara Daring. Pembelajaran secara daring memiliki kendala yang muncul dalam pelaksanaanya yang membuat interaksi antara guru dan siswa juga mengalami kendala. Interaksi siswa dan guru yang semakin baik membuat hasil belajar matematika semakin bagus pula. Melalui hasil belajar dapat dilihat efektivitas dari pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran di Setara Daring terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 15 siswa kesetaraan paket C setara SMA kelas 12 tahun ajaran 2020/2021 yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling pada masing-masing pertemuan selama dua pertemuan. Setelah dilakukan pembelajaran secara daring di Setara Daring, dari 15 sampel akan diperoleh data berupa hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dilakukan uji normalitas terlebih dahulu selanjutnya dianalisis menggunakan metode one sample t test dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 sebagai parameter pembanding. Hasil penelitian dengan taraf nyata sebesar 5% pada pertemuan pertama diperoleh t hitung = 0,930753 dan t tabel = -1, 76131 dan pada pertemuan kedua diperoleh t hitung = 2,034093 dan t tabel = -1,76131. Pada pertemuan pertama maupun pertemuan kedua didapatkan bahwa t hitung lebih besar atau sama dengan t tabel , hal ini berarti rata-rata hasil belajar siswa yaitu lebih dari atau sama dengan 70 yang juga berarti bahwa pembelajaran secara daring di Setara Daring berjalan dengan efektif.

Published
2021-07-29
Abstract Views: 442
PDF Downloads: 358