ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP DARI PERBEDAN JENIS KELAMIN

  • indah puspita Unesa
  • Masriyah Masriyah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar pada materi aljabar kelas VII dari perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa SMP kelas VII dengan jenis kelamin laki – laki dan perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tulis  materi aljabar, dan melakukan wawancara pada siswa terkait pengerjaan tes tulis yang telah dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa laki – laki memiliki kesulitan lebih banyak dari pada siswa perempuan. Siswa laki – laki tidak mengalami kesulitan ketika memecahkan soal dengan penyelesaiaan yang membutuhkan penetapan bentuk variabel tetapi memiliki kesulitan saat mengemukakan konsep mengelompokkan suku – suku yang sejenis dalam bentuk aljabar, memiliki kesulitan ketika menggunakan prinsip mengoperasikan bentuk aljabar dan mecari nilai suatu variabel. Sedangkan siswa perempuan tidak kesulitan ketika mengemukakan konsep mengelompokkan suku – suku yang sejenis dalam bentuk aljabar, menggunakan prinsip mengoperasikan bentuk aljabar dan mencari nilai suatu variabel, tetapi mengalami kesulitan ketika memecahkan soal dengan penyelesaiaan yang membutuhkan penetapan bentuk variabel karena siswa perempuan merasa kebingungan saat mengerjakan langkah selanjutnya sehingga tidak mengerjakan soal hingga selesai.

Published
2021-07-31
Abstract Views: 464
PDF Downloads: 351