PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PjBL BERBANTUAN MINITAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA SMP

  • Lailatul Hikmiyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis proyek pada materi penyajian data pada siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah RPP dan LKS matematika materi penyajian data pada siswa SMP kelas VIII dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan minitab. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yaitu define, design, develop, dan dissaminate. Tapi pada tahap dissaminate tidak dilakukan karena adanya kendala waktu. Instrumen yang digunakan pada penelitian iniadalah RPP, LKS, dan soal tes pemecahan masalah. Hasil validasi RPP dan LKS menunjukkan skor mencapai rata-rata 4,47 dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata 3,6 dengan kriteria baik. nilai kepraktisan dari perangkat pembelajaran yang dibuat oleh peneliti melalui angket respon siswa dan guru terhadap RPP dan LKS dengan kriteria baik dari siswa dengan persentase 82% dan kriteria sangat baik dari guru dengan persentase 90%. Selain itu, kemampuan memecahkan masalah pada siswa meningkat 44% dari rata-rata 36 menjadi rata-rata 80.

Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Minitab, dan Pemecahan Masalah.

Abstract

 

The purpose of this study was to produce project-based learning tools on data presentation material for class VIII junior high school students. This type of research is development research. The products developed are lesson plans and mathematics worksheets for presenting data on SMP students in class VIII with the Project Based Learning (PjBL) learning model with the help of minitabs. This development research uses a 4D model, namely define, design, develop, and disseminate. But at the dissaminate stage it was not carried out due to time constraints. The instruments used in this study were lesson plans, worksheets, and problem solving test questions. The results of the RPP and LKS validation showed that the score reached an average of 4.47 with very good criteria and an average score of 3.6 with good criteria. the practical value of the learning tools made by researchers through student and teacher questionnaire responses to lesson plans and worksheets with good criteria from students with a percentage of 82% and very good criteria from teachers with a percentage of 90%. In addition, the problem solving ability of students increased by 44% from an average of 36 to an average of 80.

Keywords : Project Based Learning (PjBL), Minitab, and Solution to problem.

 

 

Published
2021-11-30
Abstract Views: 511
PDF Downloads: 528