PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL DITINJAU DARI MYER BRIGSS TYPE INDICATOR
DOI:
https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p432-445Abstract
Perbedaan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah dapat dipengaruhi oleh tipe kepribadian yaitu Extrovert dan Introvert. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa extrovert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket tipe kepribadian, Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Pemecahan Masalah (TPM), dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA dengan kemampuan setara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa exstrovert maupun introvert mampu melakukan semua tahapan proses berpikir dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa exstrovert dan introvert pada saat penerimaan informasi membaca soal dengan cermat. Siswa extrovert membaca cukup sekali, sedangkan siswa introvert membaca berulang kali. Namun pada tahap pengolahan informasi siswa extrovert mengalami kesalahan dalam pemilihan nilai optimum hasil penyelesaian. Siswa introvert dapat melaksanakan rencana dengan merubah permasalahan ke model matematika, mencari titik yang dilalui, menggambar grafik, uji titik, menentukan daerah penyelesaian, metode uji titik pojok dan menemukan hasil penyelesaian dengan benar. Siswa extrovert dapat membuat kesimpulan dari permasalahan yang diberikan meskipun pada lembar jawaban tidak dituliskan, siswa extrovert memeriksa kembali hasil yang dikerjakan dengan membaca dari awal tanpa menghitung kembali. Sedangkan siswa introvert dapat menuliskan kesimpulan yang diperoleh dan memeriksa kembali hasil yang dikerjakan dengan membaca dan menghitung ulang. Hasil penelitian ini menjadi masukan bagi guru agar memperhatikan proses berpikir siswa dengan memberikan soal masalah matematika kontekstual.
Kata kunci : proses berpikir, masalah matematika kontekstual, myer brigss type indicator, extrovert dan introvert