Kreativitas Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Fungsi Komposisi Ditinjau dari Kemampuan Matematika

  • Eka Radianti Istiqomah Universitas Negeri Surabaya
  • Janet Trineke Manoy Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

 

Manusia dalam melakukan kegiatan sehari–hari pasti tidak lepas dari aktivitas berpikir. Salah satu aktivitas berpikir adalah berpikir kreatif. Kreativitas merupakan suatu kapasitas dari seseorang ketika melakukan suatu aktivitas mental dalam pengelolaan informasi yang digunakan untuk pemecahan masalah dengan menghasilkan suatu solusi yang berbeda dan juga baru serta memenuhi indikator kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Mata pelajaran yang melatih siswa untuk berpikir kreatif salah satunya adalah mata pelajaran matematika. Jenis soal yang terdapat dalam mata pelajaran matematika salah satunya adalah soal HOTS. Dalam penelitian ini, kemampuan matematika dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan matematika tinggi dan kemampuan matematika sedang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMA dalam menyelesaikan soal HOTS materi fungsi komposisi ditinjau dari kemampuan matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini diambil dari SMA Negeri 1 Pacitan kelas XI MIPA 7. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan matematika, tes soal HOTS, dan metode wawancara. Analisis data menggunakan indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kreativitas yang berbeda-beda. Terdapat tiga siswa kurang kreatif, satu siswa kreatif, dan satu siswa sangat kreatif. Siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki kreativitas yang berbeda-beda pula. Terdapat satu siswa tidak kreatif, 2 siswa yang kurang kreatif, dan 2 siswa yang kreatif.

Kata kunci: kreativitas, tingkat kemampuan berpikir kreatif, HOTS, kemampuan matematika.

Published
2023-09-22
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 40