EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF STRATEGI BUZZ GROUP PADA MATERI BENTUK PANGKAT KELAS X IPS 3 SMAN TAMAN SIDOARJO

  • ADI MAULANA RIZKI

Abstract

Belajar matematika merupakan proses membangun atau mengkonstruksi konsep-konsep dan prinsip-prinsip. Sehingga pengetahuan matematika yang terdiri dari konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang terkait satu sama lain tidak sekedar tersusun secara hirarkis, tapi proses aktif untuk mengembangkan skemata. Salah satu model pembelajaran yang membuat siswa dapat membangun konsep sendiri adalah model pembelajaran induktif yang dikombinasikan dengan strategi buzz group. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran induktif strategi buzz group pada materi bentuk pangkat kelas X SMA. Efektivitas pembelajaran induktif strategi buzz group ditinjau dari aktivitas siswa, ketuntasan belajar siswa, minat dan motivasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan one shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMAN Taman Sidoarjo tahun ajaran 2013-1014. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket minat serta motivasi siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh (1) aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran induktif strategi buzz group aktif yang ditunjukkan oleh 95,05% siswa melakukan aktivitas sesuai yang diinginkan peneliti (2) ketuntasan belajar siswa secara klasikal tuntas yang ditunjukkan oleh 82,86% siswa memenuhi KKM (3) minat dan motivasi siswa positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran induktif strategi buzz group adalah efektif.
Kata kunci: efektivitas, pembelajaran induktif, strategi buzz group

Published
2014-03-18
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 82